Bekam Di Sleman

Bekam Sleman

Bissmilahirahmanirrahim. Alhamdulillahiraabil alamin.

bekam di yogyakarta

gambar titik bekam

Segala puja dan puji hanya bagi Allah Swt, Pencipta, Pemilik dan Pemelihara alam semesta, yang hidup dan Yang maha Mengetahui segala perkara hamba-hamba nya. Dia yang memberikan manfaat dan kemudharatan. Dia pula yang berkuasa memberikan manfaat dan kemudahan. Dia pula yang berkuasa memberikan penyakit, dan Dia pula yang paling berkuasa meyumbuhkan serta memberikan obat nya. Firman Allah dalam Al Qur’an Surat Asy-Syuraa ayat 80 :

“Dan apabila aku sakit, maka Dialah yang menyembuhkan”

Sholawat serta salam semoga dilimpahkan kepada junjungan kita, nabi Muhammad SAW, beserta pengikut – pengikut sunahnya sebagai telah kita yakini bersama bahwa segala tindakan dan ucapan Rasulullah SAW bukanlah dorongan nafsunya tetapi semata – mata karena wahyu dari Allah SAW sehingga apa apa yang dianjurkan oleh Rasulullah saw pastilah benar dan bermanfaat bagi umatnya. rasullah sebagai uswatun hanasanah ( pola priklaku yang yang baik ) membina seluruh ummatnya untuk beribadah kapada Allah SWT. berakhlaq mulia, mengerjakan untuk berprilaku difup sehat agar ummatnya mampu menjalankan ibadah dengan baik

Untuk pembinaan kesehatan rohani dan jasmani, Rossullah Saw mengajarkan berbagai teknik pengobatan atau therapy sebagaimana dapat dalam hadits shahih Al Bukhari sari Said Ibnu Jabir dari Ibnu Abbas dari Nabi Saw, bahwa bersabda beliau :

“Kesembuhan itu ada 3 hal, yaitu dalam pisau hijamah, meminumkan madu dan pengobatan dengan besi panas, dan melarangg ummatku melakukan pengobatan dengan besi panas”
Sesungguhnya Rasulullah Saw pada waktu beliau demi’rajkan tidak melewati seorang melaikatpun kecuali mengatakan :
‘”Lalukanlah oleh Hijamah
Dalam Ash-Shohihain dari Humaid Ath Thawil dari Anas bahwasanya Abu Thibbah melakukan bekam pada nabi lalu beliau memerintahkan untuk memberiukan 2 sha’ makanan kepadanya Dari Ibnu Abbas ra, 
” bahwasanya Nabi Saw minta berbekam dan Beliau memberikan upah kepada orang yang menghijamahkan Nabi itu.” ( Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim).
Dari Anas ra, bahwasanya nabi Saw bersabda : “Sebaik-baiknya sesuatu yang kamu pergunakan menjajdi obat adalah Al Hijamah.” (Hadis riwayat Bukhari dan Muslim)
Pada hadits lain termuat : “Lakukanlah olehmu Hijamah pada rongga kuduk, karena akan menyembuhkan 72 penyakit”
Dari sini jelas, bahwasanya pengobatan ini begitu penting karena disampingkan menyehatkan juga bernilai amalan sunnah. Dengan demikian tentu alangkah mulainaya jika kita sebagai ummat nya juga menwarisi dan mengamalkan serta mengembangkan terapi sunnah ini

    DEFINISI AL HIJAMAH (BEKAM)Perkataan  “Al Hijamah”  berasal dari istilah Bahasa Arab yang berarti  ‘ pelepasan darah kotor’  dan bukan  ‘Al Fashd’ (Pembuang Darah) atau dalam bahasa inggris disebut dengan ‘Cupping’ dan dalam bahasa melayu dikenal dengan istilah “Bekam’. Di Indonesia kita kenal dengan istilah Kop atau Catuk.Bekam merupakan suatu teknik pengobatan Sunnah Rasulullah Saw yang telah lama dipraktekkan oleh manusia sejak zaman dahulu kala, kini pengobatan ini dimodernkan  dan mengikuti kaidah – kaidah ilmiah, dengan menggunakan suatu alat praktis dan efesien serta tanpa efek samping.Teknik pengobatan bekam adalah suatu proses membuang darah kotor (toksid-racun yang berbahaya dari dalam tubuh, melalui permukaan kulit. Toksid / toksin adalah endapan racun / zat kimia yang tidak dapat diuraikan oleh tubuh kita. Toksin ini berada hamper pada setiap orang. Toksin – toksin iniberasal dari pencemaran udara, maupun dari makanan yang banyak mengandung zat pewarna, zat pengembang, penyedap rasa, pemanis, pestisida syuran dll.Kulit adalah organ yang terbesar dalam tubuh manusia , karena itu banyak toksid / racun berkumpul disana. Dengan berbekam dapat membersihkan  drah yang mengalir dalam tubuh manusia . Inilah salah satu DETOKSIFIKASI ( proses pengeluaran toksid ) yang sangat berkesan/ mujarab serta tiada efek samping. Berbekam sangat berkesan untuk melegakan atau menghapuskan kesakitan memliahkan fungsi tubuhh/ badan sertam member serubu harapan pada penderita untuk terus berihtiar mendapat kesembuahan.Berbekam dapat menghilangkan raa sakit pada bahu dan tenggorokan jika dilakukan pada bagian kuduk. Juga dapat menghilangkan sakit pada bagian kepala  seperti muka, telinga, gigi, dan hidung jika penyakit itu disebabkan  oleh terjadinya penyumbatan  atau rusaknya jaringan darah. Abu Ubaid menyebutkan dalam kitabnya “ Gharibul Hadits’ melalui sanad abdurahman bin Abi Laila :“ Bawasannya Rasulullah Saw, melakukan bekam pada kepalanya dengan tanduk ketika disihir orang’Berbekam juga sangat bermanfaat untuk mengobati orng yang keracunan makanan, bias dan sejenisnya. Lebih lebih jika negeri itu adalah negeri panas dan terjadi pada musim panas. Kekuatan racun itu mengalir ke seluruh tubuh melalui darah sehingga tubuh berkeringat, racun sudah mengalir ke jantung maka yang keracunan itu tidak daspat tertolong lagi. Nabi Muhammad Saw memilih berbekam pad kuduk (tengkuk) nya karena karena tempat itulah yang terdekat dengan jantung walaupun materi racun itu tidak keluar keseluruhannya. Namun hal itu sudah cukup meringankan orang yang keracunan itu.

Melakiukan bekam dibawah dagu dapat menyembuhkan sakit gigi, sakit pada bagian wajah, kerongkongan dan pada urat leher., serta membersihkan kepala dan kedua telapak tangan. Berbekam pada bagian belakang tapak kaki dapat menggantikan venesection sephena, yaitu urat  besar pada mata kaki, menghilangkan kutil kutil (borok) yang tumbuh di kedua paha , bestis seta tulang kering, Dapat menghentikan keluarnya darah haid terputusnya (menstruasi) dan gatal gatal buah testis (kantung kemaluan laki laki). Berbekam dibawah dada di atas perut  dapat menyembuhkan bisul” , kurap/kudis, dan panu yang ada dip aha. Kaki yang sering kebas/linu , penyakit bawasir (hermorhoid), penyakit kegajahan kaki (kaki bengkak) atau elepheantestis, dan gatal gatal pada punggung.

Sejak zaman mesir kuno lagi kaedah bekam menjadi amalan bagi pnyembuhan berbagaim penyakit, seperti sawanm (epilepsy), angin ahmal (stroke), hingga ke penyakit yang ringan seperti masalah kulit dan letih atau lesu. Perawatan ini tidak perlu diragukan lagi karena berdasarkan hadits hadits yang bayak menerangkan kebaikan bagi orng yang mengamalkan bekam. Nabu Muhammad  Saw merupakan insane yang petama  debekam para malaikat dengan perintah Allah Swt sebelum isra dan mi’raj. Penjelasan pada hadits riwayat Ibnu Majah menerusi Katjir bin Salim

Selama Aku Berjalan pada malam isra mi’raj bersama para malaikat, Mereka selalu berkata

“Hai Muhammad, suruhlah umatmu berbekam”.

    MENGAPA HARUS BERBEKAM

Tubuh yang sehat dan pikiran yang cerdas adalah factor penting dalam hidup seorang individu demi melaksanakan tanggungjawab hidup mereka. Tapi jika terlalu kotoran / toksid dalam badan, ini akan menyebabkan statis darah (pembekuan darah-pen), dimana system darah tidak berjalan dengan lancar. Keadaan ini sedikit demi sedikit akan menggangu kesehatan fisik maupun mental seseorang. Akibatnya orang itu akan terasa malas,murung, kerap mengeluh kurang sehat, mudah bosan, dan selalu terasa tertekan. Hal ini akan lebih parah lagi dimana seornang terganggu emosinya, jika terdapat banyak angin dalam darah yang susah dikeluarkan, sehingga perlu mendapatkan perawatan kejiwaan.

Dengan demikian statis darah harus dikeluarkan dengan cara apapun , malangnya system pengobatan alopati tidak dapat bertindak demikian. Jadi kita harus  mencari pengobatan alternatif yang bertindak dapat mengeluarkan toksin toksid  tersebut dengan cepat, agar tubuh kita tidak lemah dan mudah diserang berbagai penyakit. Salah satu system pengobatan yang paling berkesan ialah dengan berbekam dan disinergikan dengan berbagai herba yang berasal dari bahan bahan yang alami.

Rasulullah SAW mengharuskan umatnya berbekam dalam setiap bulan (qomariyah) yaitu sejak tanggal 15 sampai 21 setiap bulan, atau kurang kurangnya satu kali dalam seumur hidup. Rasulullah SAW memuji orang yang berbekam, karena :

“Dia membuang darah kotor, meringankan tubuh serta menajamkan pengelihatan”

Allah SWT  mengkhususkan sebulan dalam setahun yaitu bulan Ramadan untuk mensucikan Rohani manusia sengan ber-Shaum. Jadi wajar kita mensucikan jasmani kita dengan berbekam, sebagai persiapan dalam menyambut bulan Ramadan. Maka barulah kita dapat membagi tenaga kehidupan kita sebagai seorang muslim yang mentaati perintah Allah dan Rasulnya. Dengan demikian orang yang berbekam Insha Allah akan mendapatkan syafa’at Rasulullah Saw disamping memperoleh manfaat kesehatan lahir batin.

    KELUHAN PENYAKIT YANG UMUMNYA DAPAT DIBEKAM
“Dan apabila aku sakit, maka Dia-lah yang menyembuhkannya”

(Q.s Asy  Syuaraa : 80)

Ini berarti bahwa bekam juga seperti cara atau obat yang lain sekedar ikhtiar, sedang penyebutannya tetap Allah Swt, yang  Maha penyembuh (Asyadi), jadi Insha Allah keluhan penyakit yang umumnya dapat dibekam, sbb :

  1.     Penyakit Chronic/Menahun, seperti
  2.     Migraen
  3.     Sakit Kepala
  4.     Gastritisn chronis
  5.     Hypertensi, stroke
  6.     Gangguan hormone
  7.     Gangguan mata
  8.     Allergi
  9.     Gangguan Pencernaan
  10.     Reumatik
  11.     Asam Urat
  12.     Masuk angin
  13.     Epilepsy
  14.    
  15.     Ambeien
  16.     Insomnia
  17.     Gangguan pernapasan
  18.     Gangguan syaraf dan otot
  19.     Sakit tulang belakang
  20.     Kesemutan
  21.     Gatal-gatal dan bisul
  22.    
  23.     Katarak
  24.     Kusta
  25.     Batu empedu
  26.     Kanker/tumor
  27.     Jantung
  28.     Lemah ingatan
  29.    
  30.     Batuk piek
  31.     Bronchitis actue
  32.     Sakit kepala
  33.     Gastristis actue
  34.     Mual mual
  35.     Sembelit
  36.     Colli Abdomen/kencing batu
  37.     Tekena racun
  38.     Dan bayak lagi

    ORANG YANG TIDAK BOLEH DIBEKAM / PERLU PENANGANAN KHUSUS

Orang yang tidak boleh dibekam    :

  1.     Orang tua yang sakit parah dan tanpa upaya
  2.     Pada kulit kulit yang berkudis dan penyakit
  3.     Pada perut mereka yang baru habis makan
  4.     Pada perut ibu yang mengandung dan ibu yang habis melahirkan
  5.     Pasien dengan tensi yang rendah sekali.
  6.     Orang yang terlalu lapar
  7.     Wanita yang sedang haid
  8.     Orang yang sakit gemetaran di wajah dan kakiya
  9.     Orang yang lemah liver dan perutnya
  10.     Orang yang radang usus

KESIMPULAN
HIJAMAH adalah pengobatan islam yang Rasulullah Saw amalkan sehingga menjadi sunnah Rasul. Orang – orang Cina dan Eropa berdasarkan sejarah dunia ada orang orang yang mengamalkan dan mengutamakan teknik pengobatan hijamah. Mengapa p kita orang islam yang sepatutnya mewarisi perobatan hijamah ini tidak mencoba memperkenalkan pengobatan hijamah sebagai Pengobatan komplementer disamping menggunakan Herba Alami, Insya Allah jika kita sama- sama belajar kaedah hijamah yang mudah ini mudah-mudahan Allah Swt akn melahirkan keistimewan untuk kita lihat dan rasakan.

Amin amin Ya Robbal Alamin

Referensi    :

Pengobatan dan Penyembuhan enurut Wahyu Nabi SAW, Aimin Bia Abdul Fattah, Pustaka As-Sabil – 2004

Metode Pengobatan Nabi-Ath-Thibbun Nabawi, Ibnul Qoyyim Al Hijamah, Griya Ilmu-2004

Nota Kuliah Institut Latihan Herbal (INTIBAH) modul Al Hijamah-2002

Nota Kuliah Al Hijamah pada Kolej Perbuatan Jawi (KPJ)-Januari 2005-02-03

Link Obat Herbal di yogyakarta dapat di kunjungi di sini
http://www.bekamjogja24.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s