Jenis Dan Teknik Bekam

1.  Ada Dua jenis Bekam
A. Bekam Basah ( Damawiyah ) cara ini adalah adalah yang di lakukan Rosullah saw maka di sebut sunah Nabi saw. Cara ini permukaan kulit di sedot di cup lebih dulu 2-5 menit .Baru cup di lepas lalu kulit di tusuk dengan jarum atau pisau bedah, Caranya dengan menyayat titik tertentu dalam tubuh sepanjang 0,5 cm dengan kedalaman 0,4 mm, jika lebih dari itu yang keluar bukan darah kotor tetapi darah segar.
Sebab sayatan mengenai pembuluh darah arteri , jadi bedah minor ini dengan hati hati.Jika dengan jarum tempat yang di kop tadi di tusuk dengan jarum secukupnya dan di kop kembali untuk mengeluarkan darah kotor ini hingga maksimum sampai tiga kali.

B. Bekam Kering ( jaffah ) yaitu bekam angin. Bekam kering ini tidak pernah di lakukan oleh Rosululloh saw oleh karena itu bukan termasuk sunah Nabi Saw, tetapi jenis ini merupakan pengembangan jaman sekarang ,berdasarkan ijtihat para muhtajim.
Cara bekam kering ini adalah organ yang di tuju di lumuri minyak zaitun atau minyak habbatusauda langsung di kop 3-5 menit . Hal ini bisa di kerjakan 2 hingga 3 kali.
Bekam kering ini bermanfaat membuang angin dan meredakan sakit secara emerjensi tanpa melukai kulit. Untuk itu di perlukan minyak zaitun atau habbattusauda untuk melicinkan gelas kop agar kulit tidak sakit di samping itu juga untuk menyembuhkan luka pori pori kulit yang terbuka.Terapi Bekam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s